Kamis, 04 Oktober 2012

Pengertian WebCam Beserta Fungsinya

Sobat blogswb ane mau berbagi walaupun copas dari beberapa sumber yang sudak saya baca, kali ni ane mau berbagi tentang WEBCAM sekalian buat tugas mata kuliyah PTI(Pengantar Teknologi Informasi) dan semoga ini juga bermanfat bagi sobat bloger yg kebetulan lewat, heee...
Cukup ah basa basinya, ni langsung saja simak sobat blogswb :

Terimakasih kepada teman kelompok yang telah membantu,

Nama : Agung Susanto
Nama : Muhamad Effendy
Nama : Yudhi Alfian noor 



Pengertian Webcam
Webcam singkatan dari web dan camera adalah sebutan kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya dapat di lihat secara langsung onlain melaului internet , program instant messaging seperti Yahoo Messenger , AOL Instant Messenger (AIM), Windows Live Messenger , dan  Skype . Webcam adalah sebuah kameravideodigital kecil yang dihubungkan ke komputer biyasanya melalui  colokan USB atau pun colokan PORTCOM. pada umumnya WebCam tidak membutuhkan kaset atau tempat penyimpanan data, data hasil perekaman yang didapat langsung ditransfer ke komputer. Istilah "webcam" mengarah pada jenis kamera yang digunakan untuk kebutuhan layanan berbasis web.Defenisi lain tentang WebCam adalah sebuah periferal berupa kamera sebagai pengambil citra/gambar dan mikropon ( optional) sebagai pengambil suara/audio yang dikendalikan oleh sebuah komputer atau oleh jaringan komputer.


Cara Kerja Webcam
Webcam bekerja seperti halya sebuah kamera digital hanya saja webcam ini di desain untuk computer jadi tidak bisa di bawa ke mana-mana dan jauh lebih simple di banding kamera-kamera pada umumnya.
Sebuah web camera yang sederhana terdiri dari :
1.sebuah lensa standar, dipasang di sebuah papan sirkuit untuk menangkap sinyal gambar
2.casing (cover), termasuk casing depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar dan memiliki sebuah lubang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukkan gambar
3.kabelsupport, yang dibuat dari bahan yang fleksibel, salah satu ujungnya dihubungkan dengan papan sirkuit dan ujung satu lagi memiliki connector, kabel ini dikontrol untuk menyesuaikan ketinggian, arah dan sudut pandang web camera.
5.Sebuah web camera biasanya dilengkapi dengan software, software ini mengambil gambar-gambar dari kamera digital secara terus menerus ataupun dalam interval waktu tertentu dan menyiarkannya melalui koneksi internet. Ada beberapa metode penyiaran, metode yang paling umum adalah software mengubah gambar ke dalam bentuk file JPEG dan menguploadnya ke web server menggunakan File Transfer Protocol (FTP).
Frame rate mengindikasikan jumlah gambar sebuah software dapat mengambil dan transfer dalam satu detik. Untuk streaming video, dibutuhkan minimal 15 frame per second (fps) atau idealnya 30 fps. Untuk mendapatkan frame rate yang tinggi, dibutuhkan koneksi internet yang tinggi kecepatannya. Sebuah web camera tidak harus selalu terhubung dengan komrpute, ada web camera yang memiliki software webcam dan web server bulit-in, sehingga yang diperlukan hanyalah koneksi internet. Web camera seperti ini dinamakan “network camera”.Kita juga bisa menghindari penggunaan kabel dengan menggunakan hubungan radio, koneksi Ethernet ataupun WiFi.

Sejarah Perkembangan Webcam

Pada awalnya, bentuk web camera terbatas pada bentuk-bentuk standar yang hanya terdiri dari lensa dan papan sirkuit serta casing yang biasa.Namun seiring dengan perkembangan teknologi, bentuk web camera pun sudah makin bervariasi dengan fitur-fitur yang makin canggih.Salah satu bentuk web camera yang unik adalah bentuk boneka yang lucu, web camera ini dapat disalahartikan hanya sebagai boneka dan bukan webcam.Sebuah penemuan oleh Microsoft pada tahun 2004 menggambarkan kemajuan perkembangan teknologi web camera.i2i adalah sebuah sistem dua-kamera yang dengan sangat hati-hati mengikuti pergerakan individu. Kamera ini menggunakan perhitungan algoritma yang secara spesial dikembangkan untuk memfusikan apa yang setiap kamera lihat untuk membuat gambar ‘cyclopean’ stereo yang akurat. Kamera ini juga dapat menampilkan emoticon 3D yang melayang. Sistem i2i dapat juga menghasilkan gambar background yang realistis sehingga pengguna dapat berpura-pura berada di tempat lain. Kemampuan sistem i2i ini, diantaranya yaitu kemampuan tracking (disebut smart framing) dan juga kemampuan smart focusing, dapat menambah pengalaman berkonferensi bagi pengguna.Kamera untuk video conference biasanya berbentuk kamera kecil yang terhubung langsung dengan komputer.Kamera analog juga kadang-kadang digunakan, kamera ini terhubung dengan video capture card dan tersambung dengan internet (baik langsung maupun tidak langsung). Saat ini kamera untuk video conference sudah makin maju, sudah ada web camera yang di dalamnya terdapat microphone maupun noise cancellation untuk memfokuskan audio ke speaker yang terletak di depan kamera sehingga noise yang ada tidak mengganggu jalannya konferensi.

Jenis-jenis webcam dibagi atas
  1. Serial and Parallel port WebCam
    WebCam jenis ini sudah terlalu tua dan jarang ditemukan lagi, karena sudah tidak ada yang memproduksi. Selain itu, kamera jenis ini menghasilkan kualitas gambar yang rendah dan frame rate yang rendah pula.
  1. USB WebCam
WebCam jenis ini merupakan solusi bagi pengguna baru dan amatir. Mendukung fasilitas PnP ( Plug and Play ) dan dapat dihubungkan ke port USB tanpa harus mematikan komputer, tetapi syaratnya sistem operasi komputer harus mendukung fasilitas USB port.
  1. Firewire and Card Based WebCam
Firewire adalah salah satu teknologi video capture device yang diperlukan bagi kamera yang mendukungnya. Pada umumnya WebCam yang membutuhkan video capture device harganya mahal, akan tetapi dapat menghasilkan frame rate tinggi, yaitu 24 sampai 30 frame per second ( fps ).
  1. Network and Wireless Camera
Network Camera adalah perangkat kamera yang tidak memerlukan sama sekali fasilitas komputer, karena dapat langsung terhubung ke jaringan melalui modem. Transfer gambar dan suara langsung menuju jaringan LAN atau line telepon via modem.
Jenis dan merek webcam yang sering dipakai adalah (klik gambar untuk masuk ke website-nya)
Bagian dan kelengkapan Webcam :
Webcam terdiri dari sebuah lensa, sensor gambar (image sensor) dan sirkuit elektronik pendukung. Sensor gambar dapat berupa CMOS dan CCD.
Webcam dilengkapi dengan peralatan tambahan, yaitu :
  1. Kabel data, merupakan kabel penghubung antara webcam dengan komputer/ pheripheral lainya.
Gambar Webcam yang dipasang diatas monitor
  1. Tombol Snapshot, adalah tombol untuk pengambilan gambar bergerak dan menyimpan dalam bentuk foto.
  1. Pengatur Focus, digunakan untuk mengatur lensa agar gambar yang ditampilkan jelas
  2. Lensa Camera, digunakan untuk mengambil gambar/ video
Lensa kamera yang sering digunakan adalah lensa plastik yang dapat digerakan (diputar) oleh pengatur fokus.
Webcam membutuhkan resolusi VGA rata-rata 25 frame/detik, atau dengan resolusi yang lebih tinggi 1.3 megapixel.
Proses Instalasi Vimicro USB PC Camera sebagai berikut
  1. Hidupkan komputer.
  2. Setelah komputer jalan, ambil Webcam dan hubungkan kabel datanya ke USB port.
Kabel data dihubungkan ke USB PORT
  1. Jika komputer mendukung fasilitas Plug and Play maka windows akan menampilkan jendela Found New Hardware, jika tidak mendukung Plug and Play maka lakukan instalasi manual melalui menu Start, Setting, Control Panel, Add New Hardware.
  2. Masukkan CD device driver yang disertakan dalam disk/CD paket Vimicro USB PC Camera ke CD-ROM drive atau dapat juga dilakukan melalui start-run-setup
  1. Maka ditampilkan seperti dibawah ini
  1. Pilih install PC Camera Driver
  1. Setelah keluar tampilan ini pilih Next
  1. Sedang menginstall driver
  1. Install selesai, klik Finish
  1. Dilanjutkan menginstall tools VP-EYE
  1. Sedang menginstall VP-EYE
  1. Install VP-EYE selesai, klik Finish


Webcam untuk video conference pada yahoo massenger
  1. Untuk melakukan Video Conference, hal-hal yang perlu dilakukan adalah :Pastikan laptop atau PC anda sudah terinstall aplikasi Yahoo Messenger, jika belum silakan anda download di http://messenger.yahoo.com/download.php
  2. Jalankan aplikasi Yahoo Messenger pada PC anda
  3. Sign In dengan memasukan ID yahoo dan pasword pada halaman login
  1. Setelah masuk ke aplikasi YM, pilih menu Action kemudian Invite to Conference
  1. Invite teman anda yang sedang online dengan cara klik nama kemudian klik Add
  1. Setelah semua ID di add, klik Invite untuk memulai conference kemudian klik webcam untuk menampilkan gambar/video user
  1. Arahkan lensa kamera pada objek yang dituju
Untuk mendapatkan hasil gambar yang baik, arahkan lensa kamera ke wajah kita (user). Selengkapnya.....nunggu tampilan set webcam
  1. Rekam objek dengan menekan tombol yang tersedia jika diperlukan
Beberapa jenis webcam mempunyai tools untuk mengambil gambar/video dengan menekan tombol snapshot.
Selengkapnya...tampilan rekam objek.


Fitur dan Setting Webcam

  1. Motion sensing – web camera akan mengambil gambar ketika kamera mendeteksi gerakan.
  2. Image archiving – pengguna dapat membuat sebuah archive yang menyimpan semua gambar dari web camera atau hanya gambar-gambar tertentu saat interval pre-set.
  3. Video messaging – beberapa program messaging mendukung fitur ini.
  4. Advanced connections – menyambungkan perangkat home theater ke web camera dengan kabel maupun nirkabel.
  5. Automotion – kamera robotik yang memungkinkan pengambilan gambar secara pan atau tilt dan setting program pengambilan frame berdasarkan posisi kamera.
  6. Streaming media – aplikasi profesional, setup web camera dapat menggunakan kompresi MPEG4 untuk mendapatkan streaming audio dan video yang sesungguhnya.
  7. Custom coding – mengimport kode komputer pengguna untuk memberitahu web camera apa yang harus dilakukan (misalnya automatically refresh).
  8. AutoCam – memungkinkan pengguna membuat web page untuk web cameranya secara gratis di server perusahaan pembuat web camera.

Permasalahan

Ada permasalahan di webcam kamera-kamera yang beredar di pasaran memiliki kesulitan untuk memenuhi kebutuhan personal pengguna karena desainnya yang cukup bergaya namun hanya memiliki sedikit variasi.Dan juga pengguna banyak menemui kesulitan ketika menyesuaikan posisi web camera untuk menangkap gambar.
Dengan semakin banyaknya penggunaan web camera di seluruh dunia, web siteaggregator pun muncul.Web site ini memungkinkan pengguna untuk menemukan live video stream berdasarkan lokasi ataupun kriteria lainnya.Camera dapat menimbulkan permasalahan sosial.Kemudahan akses terhadap live video stream memungkinkan maraknya pornografi ilegal ataupun pornografi anak.Internet memungkinkan terjadinya transaksi seksual dengan kontrol yang hampir tidak ada. Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika yang ditayangkan di Oprah Winfrey Show,impian terbesar para pedofil adalah agar mereka dapat hadir di tengah anak-anak, dan teknologi web camera mewujudkan mimpi tersebut. Karena web camera tidak hanya memungkinkan orang saling bertemu namun juga memungkinkan orang memperlihatkan bagian-bagian tubuh mereka. Anak-anak yang memiliki tingkat pengetahuan tinggi akan sangat rentan terhadap hal ini.
Sumber

Untuk lebih lengkapnya bisa di down load di sini DOWNLOAD
 




4 komentar:

  1. terima kasih infonya.
    numpang link yang butuh webcam
    http://pusatbarang.com/index.php?route=product/product&path=20_117&product_id=177

    BalasHapus
  2. Misi gan, izin share ya...

    HP 14-g008AU
    Price Rp 4.499.000

    Spesifikasi :

    Tipe Prosessor : AMD Quad Core Processor
    : AMD Quad-Core A8-6410 (2.0GHz, 2M Cache)
    Memori Standar : 2 GB DDR3
    Tipe Grafis : AMD Radeon R5 Graphics
    Ukuran Layar : 14" WXGA
    Kapasitas Penyimpanan : 500 GB HDD
    Optical Drive : Type DVD±RW
    Ragam Input Device : Touch Pad
    Sistem Operasi : Pre-sales Request Available
    Daya / Power : External AC Adapter

    Kunjungi website kami untuk produk lainnya



    Terimakasih.... :)

    BalasHapus